Nyeri Sendi Tangan Dan Kaki Disertai Bengkak Di Malam Hari


Apakah anda mengalami nyeri sendi tangan dan kaki disertai bengkak di malam hari ? itu tandanya anda menderita penyakit asam urat atau rematik atau mungkin bahkan keduanya yakni penyakit rematik akibat asam urat.

nyeri sendi tangan dan kaki bengkak

Nah, lalu apa yang harus di lakukan ketika mengalami nyeri sendi kaki dan tangan utamanya pada malam hari agar tidak semakin parah dan menyiksa ? berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Nyeri pada sendi merupakan salah satu tanda atau indikasi dari penyakit rematik dan asam urat yang mana hal tersebu terjadi sebagai akibat dari terjadinya peradangan pada sendi sehingga membengkak.Dan bagian sendi dalam tubuh yang sering mengalami peradangan atau inflamasi adalah sendi kaki dan tangan.

Apabila pada saat anda mengalami nyeri sendi kadar asam urat anda normal maka sudah dapat dipastikan penyebab nyeri sendi kaki dan tangan di malam hari yang anda derita adalah rematik.Utamanya jika nyeri sendi yang anda alami diikuti oleh beberapa gejala rematik seperti :

  • Nyeri dan kaku pada sendi terutama pada pagi hari
  • Pembengkakan pada sendi yang sakit
  • Kemerahan pada sendi yang sakit
  • Terbatasnya gerakan sendi yang terkena

Dan salah satu faktor penyebab dari timbulnya penyakit rematik adalah asam urat.Jadi rematik dan asam urat memiliki ikatan yang sangat dekat sehingga bagi penderita asam urat besar kemungkinan dirinya menderita rematik dan rematik bisa juga menjadi salah satu indikasi atau tanda dari penyakit asam urat.

Namun selain asam urat penyakit autoimun, misalnya lupus, Rheumatoid arthritis dan Osteoarthritis juga bisa menyebabkan rematik.

Bagi anda yang saat ini tengah mengalami nyeri sendi kaki dan tangan membengkak akibat rematik dan asam urat hal berikut ini bisa anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi keluhan yang anda derita yakni dengan mengkonsumsi obat obatan baik obat medis ataupun obat herbal.

Dan berikut adalah obat obatan medis untuk rematik dan asam urat :

  • NSAID, antinyeri, misalnya meloxicam
  • Kortikosteroid
  • Kasus berat:methotrexate

Selain obat medis anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal rematik dan asam urat yang mana obat herbal lebih aman di konsumsi karena tidak akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh sehingga lebih kami sarankan.

Dan berikut adalah efek samping dari obat medis diatas yang bisa saja muncul apabila dikonsumsi oleh anda secara terus menerus yang saya kutif dari alodokter.com yang disampaikan oleh dr. Miranti Iskandar :

  • Efek samping obat NSAID misalnya nyeri lambung, peningkatan tekanan darah, sakit kepala.
  • Efek samping obat kortikosteroid misalnya osteoporosis, nyeri lambung.
  • Efek samping methotrexate misalnya perdarahan lambung.

Tidak hanya mengkonsumsi obat bagi anda penderita rematik anda juga kami sarankan untuk :

  • Berolahraga teratur, misalnya yoga, senam, jogging
  • Banyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidarasi
  • Mengurangi stress
  • Pola makan yang seimbang

Selain itu bagi anda penderita nyeri sendi tangan dan kaki akibat rematik dan asam urat anda juga kami sarankan untuk membatasi atau kalau bisa menghindari beberapa makanan seperti : minuman beralkohol, makanan yang mengandung purin tinggi seperti daging merah (daging sapi dan kambing), hati sapi, sajian boga bahari (teri, kerang, sarden), dan sayur bayam serta hindari stres.

Demikianlah informasi tentang nyeri sendi tangan dan kaki disertai bengkak di malam hari ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta menjawab rasa ingin tahu anda.Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimkal artikel sederhana kami ini.

Jangan lupa dishare jika dirasa artiel kami bermanfaat dan sampai jumpa !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *