Asam Urat Tidak Boleh Makan Jengkol Karena Cukup Bahaya


Penderita asam urat tidak boleh makan jengkol mengapa ? karena hal tersebut cukup berbahaya karena dapat membuat asam urat naik serta penyakit asam urat yang anda derita semakin parah.

Asam Urat Tidak Boleh Makan JengkolJengkol merupakan salah satu makanan yang memliki bau khas, namun karena baunya dan rasanya yang khas tersebut jengkol banyak disukai orang utamanya semur jengkol.

Akan tetapi bagi sebagian orang bau yang dihasilkan oleh jengkol akan sangat mengganggu sehingga kurang suka atau bahkan tidak suka dengan jengkol.

Namun perlu anda ketahui bahwa dibalik bau dan rasanya yang khas ternyata jengkol menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Hal tersebut karena jengkol memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan salah satunya adalah protein bahkan kandungan protein dalam jengkol melebihi kandungan protein pada
kedelai dan kacang hijau.

Protein adalah salah satu nutrisi yang diperluka oleh tubuh untuk mengganti sel-sel yang telah rusak di dalam tubuh, membentuk jaringan baru serta sangat berguna bagi perkembangan hormone yang berperan pada tingkat kecerdasan seseorang.

Selain protein jengkol juga megandung zat besi yang memiliki fungsi sebagai pembentuk hemoglobin di dalam darah yang mengangkut oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida.

Makanan yang mengandung zat besi sangat penting di dalam tubuh, karena jika kekurangan zat besi maka tubuh akan merasakan lemah dan lesu serta pucat. Jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor jengkol juga sangat baik untuk kesehatan tulang.

Bagaimana ? cukup banyak bukan manfaat jengkol untuk kesehatan.

Lalu Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Jengkol ?

Walapun jengkol memiliki manfaat baik untuk kesehatan, namun bagi anda penderita asam urat anda tidak boleh mengkonsumsinya karena itu cukup berbahaya, apa alasannya ?

Penderita asam urat tidak boleh makan jengkol karena jengkol bisa menyebabkan pengkristalan asam urat yang lebih banyak di dalam sendi dan akan membuat para penderitanya mengalami asam urat yang parah. Jika ini diteruskan maka bisa menjadi hal yang lebih parah lagi nantinya.

Selain itu, jengkol juga bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat seperti : Bau mult dan keracunan ( jengkolan )

Di dalam jengkol juga terdapat zat asam yang sangat berbahaya yang mampu menyebabkan penyakit jengkolan.

Penyakit jengkolan ini biasanya diawali dengan rasa nyeri dan sakit pada bagian pinggang dan kemudian akan disusul dengan rasa melilit pada perut.

Para penderita penyakit jengkolan ini biasanya akan mengalami kesulitan buang air kecil dan menjadi penyebab sakit ketika buang air kecil.

Banyak orang yang mengeluhkan hal ini jika terlalu banyak makan jengkol. Pada kondisi yang lebih parah bahkan penyakit jengkolan ini bisa menyumbat saluran kandung kemih sehingga tidak bisa buang air kecil.

Asam jengkolat yang terdapat di dalam jengkol ini sudah umum diketahui oleh masyarakat. asam jengkolat merupakan asam sejenis protein namun tidak dapat dicerna oleh tubuh. karena hal itulah asam jengkolat ini berpotensi menjadi Kristal di dalam pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah itu sendiri.

Jika dibiarkan maka dalam jangka panjang akan mampu menjadi penyebab batu ginjal yang cukup serius dan juga mampu menyebabkan kencing batu.

Penyakit ini tentunya tidak bisa diabaikan begitu saja karena jika dibiarkan akan mampu menjadikan hal-hal yang tidak diinginkan bahkan fatal sampai pada kematian.

Nah itulah alasan mengapa penderita asam urat tidak boleh makan jengkol, Jadi untuk anda yang saat ini menderita penyakit asam urat maka sebaiknya anda hinari dan jangan sesekali mencoba mengkonsumsi jengkol meskipun anda sangat menyukai.

Hal tersebut betujuan agar penyakit asma urat yang anda derita tidak semakin parah serta pengobatan yang anda jalani berjalan maksimal.

Baca Juga :

1 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *